(0512) 29111
kectakisung@gmail.com
Jl. Jenderal Sudirman No 27 Gunung Makmur Kecamatan Takisung Tanah Laut Kalsel, Indonesia
blog-img
19/08/2021
Sapriadi | Berita Kecamatan

Baru pertama kalinya di Kabupaten Tanah Laut (Tala) perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 dirayakan dengan pengibaran bendera Merah Putih berukuran raksasa di salah satu kawasan wisata perbukitan di Tala.

Kegiatan positif yang dilaksanakan Organisasi Pecinta Alam Tuntung Pandang (Orpala Tupan) Meratus itu tak ayal menarik perhatian dan apresiasi Bupati Tala, HM Sukamta yang hadir pada acara tersebut.

Secara sederhana upacara pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa digelar dengan khidmat di Bukit Sanghyang, Desa Benua Tengah, Kecamatan Takisung, Selasa (17/8).

“Kita selalu mengapresiasi kegiatan positif pengibaran bendera merah putih, apalagi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-76 dan ukurannya pun tidak biasa, besar sekali. Tentu perlu tenaga dan waktu yang tidak sedikit dari kawan-kawan Orpala dalam persiapan,” ujar Sukamta.

Sukamta berharap dalam momen peringatan HUT RI ke-76 ini tidak hanya diperingati secara seremonial, namun sudah seharusnya diresapi sebagai renungan dan sebagai momentum untuk bangkit dari segala keterpurukan.

Bendera Merah Putih Raksasa yang dikibarkan dengan susah payah juga dapat diibaratkan sebagai salah satu simbol perjuangan dan penghargaan kepada para pendiri bangsa.

“Saya berharap generasi muda teruslah berproses menjadi manusia yang berjiwa besar, bersemangat, produktif, menghargai perjuangan para pahlawan dengan melakukan segala kegiatan positif yang membangun,” katanya.

Menurut dia, di masa pandemi seperti ini kita sangat membutuhkan semangat-semangat itu untuk terus bangkit dalam menghadapi segala tantangan.

Terpisah, Ketua Orpala Tupan Meratus, Sugeng Wahyudi mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya tersebut adalah sebagai upaya menjaga semangat kemerdekaan di kalangan pemuda.

Tak hanya dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa pertama kalinya di Tala ini juga sekaligus sebagai upaya mempromosikan salah satu destinasi wisata perbukitan di Tala.

“Kami berharap dengan pengibaran Bendera Merah Putih berukuran 8 meter x 17 meter ini menjadi motivasi, menumbuhkan dan menjaga semangat kemerdekaan generasi muda walaupun di tengah pandemi,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga sebagai momen mengenalkan potensi wisata yang ada di Desa Benua Tengah, Kecamatan Takising yaitu Bukit Sanghyang.

Turut berhadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah kabupaten (Sekdakab) Tala, H Dahnial Kifli, Camat Takisung, Yudo Restanto, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Takisung,

Selain itu, perwakilan instansi terkait, aparatur Desa Benua Tengah, perwakilan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) se-Kalimantan Selatan dan perwakilan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) se-Kalsel.

Pewarta : Risma-Suriani - Mata Banua

Populer